Sabtu, 05 November 2011

Asal dan Arti kata Pasek

Lama kelamaan istilah pasek mulai digunakan oleh orang-orang Bali Aga sebagaigelar atau jatidiri bagi seorang pemimpin.Sehingga tak heran bila kemudian dijumpaisebutan Pasek Bali,Pasek Mula,Pasek Sulkawih,Pasek Kedisan,Pasek Sukawana danlain-lain.Pada zaman Mpu Drykah atau Mpu Kamareka. Mpu Semeru memberikanwewenang kepada keturunan Mpu Dryakah untuk mempergunakan sebutan AryaPasek Kayuselem.
Di Bali bukan saja keturunan Sang Sapta Rsi yang mempergunakan jati diri KiPasek,namun warga lainnya pun menduduki jabatan suatu pimpinan ,suka memakaisebutan Ki Pasek. Salah satu contoh adalahWarga Pulasari yang menduduki suatu jabatan disebut pasek pulasari. Mereka ini adalah keturunan Dalem Tarukan yaitu :Sekar , Bebandem ,Pulasari ,Balangan , Belayu , dan Dangin,yang kini paguyubannya bernama Para Gotra Santanan Dalem Tarukan.
Dalam arti kiasan, kata Pasek ini dipergunakan dalam rangkaian kata ”pasak negeri”. Menurut para ahli bahasa seperti W.J.S Purwadarminta dan Sutan Muh.Zain, kata pasek diartikan “orang besar yang menjadi dasar keteguhan negeri tempat orang minta nasehat dan sebagainya.
Dalam kaitan ini, di samping bunyi beberapa buah babad dan prasasti, ada baiknya dikutip ucapan dan pendapat beberapa orang sujana atau sarjana.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review